Minggu, 07 Desember 2008

PROSEDUR KEBERANGKATAN PENUMPANG

Beberapa hal yang perlu disiapkan petugas ketika check in counter dibuka:
Ø Passenger Manifest (Passenger Name List)
Ø Boarding Pass (untuk manual)
Ø Baggage Claim Tag (untuk manual)
Ø Label/tag lainnya, seperti security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, checked baggage tag, dsb.
Ø Excess baggage ticket
Ø Seat allocation untuk special seat
Ø Purser information
Ø Form Passenger Baggage Weight Sheet
Ø Form Passenger Transfer Message

Hal pertama yang dilakukan penumpang ketika tiba di bandara adalah menuju check in counter dengan membawa tiket, bagasi dan tas tentengan. Setelah memeriksa tiket, petugas check in counter akan menimbang bagasi untuk melihat apakah ada kelebihan berat atau tidak. Bila lebih, calon penumpang akan diminta membayar excess baggage, dan petugas akan memberikan excess baggage tiketsebagai bukti pembayaran kelebihan itu. Setelah proses ini selesai, ia akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim tag, serta mengembalikan sisa tiket (cover ticket). Dari check in counter, dimana penumpang dibantu untuk membayar airport tax dan fiscal, penumpang menuju ke pemeriksaan imigrasi, lalu ke boarding gate untuk menunggu boarding time.

1 komentar:

Setiawan mengatakan...

Berbeda dengan posting tentang ruang lingkup Ground Handling, posting tentang Prosedur Keberangkatan Penumpang ini, kok kynya terlalu singkat ya? atau mungkin judulnya yang terlalu luas?

Karena klo diliat isi postingnya "hanya" mengambarkan sebagian kecil dari proses check-in, pembaca belum mendapat gambaran yang gamblang, sementara proses penanganan penumpang (khususnya berangkat) menurut saya adalah proses paling rumit dalam dunia ground handling dan biasanya digabung dengan bagasi (Pax & Bag)

Klo boleh saya usul, judulnya dipersempit lagi misal: "Prosedur Check-in Penumpang dan Bagasi Domestik" mengingat ada perbedaan signifikan antara "Domestik" dan "Internasional" khususnya tentang Travel Document.

Kemudian ditambah lagi dengan case-case yg sering terjadi supaya pembaca jadi makin jelas. misal case "late check-in" apa sih pengaruhnya buat penumpang?

thks